IMPLEMENTASI PROTOTYPE APLIKASI E-KONSELING UNTUK MENUNJANG PELAYANAN KONSELING BERBASIS JEJARING SOSIAL

Hairil Kurniadi Siradjuddin

Sari


Teknologi informasi juga dapat  secara social mengisolasi dan telah menyebabkan masalah baru khususnya di kalangan remaja dan anak-anak, dunia online juga sangat berpengaruh terhadap kinerja para konselor. Dunia online juga bisa dijadikan sarana bagi para konselor untuk  menignkatkan penegtahuan dan membantu  dalam mencari referensi, diskusi, pelajaran dan lain sebagainya. Seiring dengan itu perkembangan penyelenggaraan konseling yang tadinya dilakukan secara tatap muka (face to face) dalam ruang tertutup, bisa dilakukan secara jarak jauh dengan dukungan teknologi informasi yang selanjutnya dikenal dengan isttilah e-conseling (Gibson;2008). Di Indonesia sendiri tidak da informasi yang pasti tentang instilah e-konseling, pada tahun 2009 IFDIL secara khusus memperkenalkan istilah penayanan E-Konseling di Indonesia, Pelayanan e-konseling diperluas menjadi pelayanan penyeleanggaran Bimbingan Konseling (BK) secara keseluruhan dengan bantuan teknologi. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana merancang, mendesain dan merealasasikan model dan arsitektur aplikasi e-Konseling berbasis jejaring sosial untuk menunjang kegiatan konsultasi siswa secara online.

Kata kunci: e-Konseling, Prototype, Internet, Jejaring Sosial


Teks Lengkap:

PDF (Indonesia)

Referensi


Prayitno. 2004. Pedoman Khusus Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Fowler, Martin. 2005. UML Distilled Edisi 3, Yogyakarta: Andi

Amani, Nasanin 2007. Investigating The Nature, The Prevalence, And Effectiveness Of Online Counseling, A Thesis, Departmentf of Educational Psychology, Administration and Counseling, California State university Long Beach.

Csiernik, R., Furze, P., Dromgole, L., & Rishchynski, G. M. (2006). Information technology and social work - The dark side or light side? Journal of Evidence-Based Social Work, 3 (3-4), 9-25.

Capill, Lauren, (tt) Telecounselling and E-Counselling. Toronto: TAPE: Toronto Advances Profesional Education

Abdul Kadir. 2008. Tuntunan Praktis Belajar Database Menggunakan MySQL, C.V Andi Offset. Yogyakarta

Nugroho.Adi. 2009. Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML & Java. Yogyakarta: Andi Offset.

Finn, J., & Barak, A. (2010). A descriptive study of e-counsellor attitudes, ethics, and practice. Counselling and Psychotherapy Research, 10 (4), 268-277.

Ifdil. (2009). Pelayanan e-Konseling (PengolahanHasilPengadministrasian Alat Ungkap Masalah (AUM) dengan Menggunakan Program Aplikasi). Paper presented at the Seminar Internasional Bimbingan dan Konseling Dalam rangka Kongres XI dan Konvensi Nasional XVI ABKIN

Janner Simarmata. 2010. Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta: Penerbit Andi

Raharjo, Budi. 2011. Membuat Database Menggunakan MySql. Bandung: Informatika

Ifdil. (2011). Penyelenggaraan Layanan Konseling Online Sebagai Salah Satu Bentuk Pelayanan E-Konseling. Paper presented at the International Seminar & Workshop Contemporary and Creative Caunseling.

Roger, S. Pressman, Ph.D, 2012, Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7: Buku 1“, Yogyakarta: Andi

Nazruddin Safaat H. 2012 (Edisi Revisi). Pemograman Aplikasi Mobile

Pengertian oxwall, Visigraphic Professional Web Design & Web Developer. diakses September 2017 http://www.visigraphic.com/artikel/ oxwall-memiliki-sendiri-jejaring-sosial-dengan-fitur-lengkap-dan-gratis.




DOI: https://doi.org/10.36549/ijis.v2i2.29

Article Metrics

Sari viewed: 2988 times
PDF (Indonesia) download = 986 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan: 2017-09-22


Akreditasi Nomor 230/E/KPT/2022

eISSN : 2548-6438     

pISSN : 2614-7173                                                       

              

                   

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kontak Utama. Dr. Muharto., M.Si (LPPM Politeknik Sains & Teknologi Wiratama)

Jl Kampus Poltek, Kel. Jati Metro, Kec. Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara, Kode Pos 97716, Email ijis.wiratama@gmail.com