PENERAPAN ALGORITMA FISHER YATES SHUFFLE PADA PERMAINAN KUIS SISTEM PEREDARAN DARAH BERBASIS ANDROID STUDI KASUS MATERI AJAR KELAS 5 SDN CIPANAS KOTA SUKABUMI

Mochamad Hanivan Adif, Iwan Rizal Setiawan, Fathia Frazna Az-Zahra

Sari


Ilmu pengetahuan alam merupakan salah satu materi yang diberikan pada pembelajaran di SDN Cipanas. Sebab pada pembelajaran ilmu pengetahuan alam berisi materi yang berhubungan dengan kehidupan tidak membahas mengenai alam saja tetapi membahas mengenai hewan, tumbuhan dan manusia. Dari beberapa materi yang terdapat pada ilmu pengetahuan alam dalam penyampaian teori semuanya membutuhkan pengamatan mengenai objek yang dibahas. Tetapi ada satu sub materi yang membutuhkan gambaran yaitu organ dalam tubuh sebab organ dalam tubuh manusia tidak dapat dilihat secara langsung oleh karena itu perlu adanya gambaran atau animasi yang menggambarkan organ dalam manusia agar mudah dipahami.Pada proses soal pertanyaan yang akan diberikan pada kuis nantinya akan diacak agar pemain berulang kali untuk mempelajari materi hingga mendapatkan nilai terbaik sebab setiap mengulangi permainan kembali, kuis soal yang dikerjakan berbeda-beda. Pada proses pengacakannya terdapat algoritma yang dapat digunakan seperti naive shuffle dan fisher yates. Fisher yates shuffle, dinamai Ronald Fisher dan Frank Yates, adalah metode untuk membuat permutasi acak. Kesimpulan penelitian ini adalah algoritma fisher-Yates shuffle dapat digunakan untuk mengacak pertanyaan kuis yang muncul di bagian kuis game, sehingga menyulitkan pemain untuk memprediksi pertanyaan yang akan muncul saat mengulang kuis

Kata Kunci: Ilmu Pengetahuan Alam, fisher yates shuffle, game kuis



Teks Lengkap:

PDF (Indonesia)

Referensi


A. W. S. Alpian, “Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia,” Jurnal Buana Pengabdian, 2019. https://journal.ubpkarawang.ac.id/index.php/JurnalBuanaPengabdian/article/view/581/537 (accessed Jul. 17, 2022).

widi aulia rohmah, A. Asriyanik, and W. Apriyandari, “Implementation of the Algorithm Fisher Yates Shuffle on Game Quiz Environment,” Journal Of Informatics And Telecommunication Engineering, vol. 4, no. 1, pp. 161–172, Jul. 2020, doi: 10.31289/JITE.V4I1.3863.

P. Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam and S. Tinggi Agama Islam As-Sunnah Deli Serdang, “Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on Culture Daryanto Setiawan,” SIMBOLIKA, vol. 4, no. 1, 2018, [Online]. Available: http://ojs.uma.ac.id/index.php/simbolika

Kurnia,“Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X Semester Genap Sma Negeri 1 Pekalongan Aang Kurnia,” 2015, Accessed: Jul. 17, 2022. [Online]. Available: http://snpe.fkip.uns.ac.id

H. Rini, “Prevalensi dan Dampak Kecanduan Gadget Pada Remaja: Literature Review,” Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, vol. 5, no. 1, 2020, Accessed: Jul. 13, 2022. [Online]. Available: http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM

n. d Farisi, “Analisis Perbandingan Algoritma Fisher-Yates Shuffle dan Naive Shuffle,” 2019. https://docplayer.info/73037762-Analisis-perbandingan-algoritma-fisher-yates-shuffle-dan-naive-shuffle.html (accessed Jul. 17, 2022).

I. Haditama, C. Slamet, and D. F. Rahman, “Implementasi Algoritma Fisher-Yates Dan Fuzzy Tsukamoto Dalam Game Kuis Tebak Nada Sunda Berbasis Android,” Jurnal Online Informatika, vol. 1, no. 1, pp. 51–58, Jun. 2016, Accessed: Feb. 09, 2022. [Online]. Available: http://join.if.uinsgd.ac.id/index.php/join/article/view/v1i110

Aisyah, “Implementasi Metode Fisher Yates Shuffleuntuk Pengacakan Pertanyaanpada Game Ali And The Labirin,” 2016.

S. J. Kuryanti Program Studi Manajemen Informatika AMIK and B. Bogor, “Perancangan Animasi Interaktif Tata Cara Pelaksanaan Wudhu Dan Sholat Wajib,” 2015.

S. Priyanto, P. Pribadi, A. Hamdi, P. Studi Sistem Informasi, and S. Amikom Purwokerto, “Game Edukasi ‘Matching Three’ Untuk Anak Usia Dini,” 2014




DOI: https://doi.org/10.36549/ijis.v7i2.220

Article Metrics

Sari viewed: 82 times
PDF (Indonesia) download = 13 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan: 2022-09-21


Akreditasi Nomor 36/E/KPT/2019

eISSN : 2548-6438     

pISSN : 2614-7173                                                       

              

                   

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kontak Utama. Dr. Muharto., M.Si (LPPM Politeknik Sains & Teknologi Wiratama)

Jl Kampus Poltek, Kel. Jati Metro, Kec. Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara, Kode Pos 97716, Email ijis.wiratama@gmail.com