PERANCANGAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PADA KOPERASI SIMPAN PINJAM BAITUL HIKMAH JAKARTA DENGAN METODE TOGAF ADM

Nur Aini Aulia, Lia Mazia, Siti Fauziah

Sari


Koperasi Baitul Hikmah yang berdiri sejak tahun 2013 dan berlokasi di jalan Kresek Indah No. 85, Kalisari, Pasar Rebo, Jakarta Timur merupakan salah satu koperasi usaha yang melayani masyarakat dalam bidang simpan pinjam. Dalam melaksanakan usahanya koperasi Baitul Hikmah masih dilakukan secara manual mulai dari melayani masyarakat dan melakukan pengolahan transaksi yang masih menggunakan excel yang memungkinkan terjadi kesalahan dalam penginputan data, hal ini dapat menyebabkan kerusakan data. Dalam membangun sebuah sistem informasi membutuhkan perancangan enterprise arhitecture yang berfungsi untuk proses pengolahan data. The Open Group Architecture Framework Architecture Development Method (TOGAF ADM) merupakan metode yang sangat cocok digunakan untuk sebuah organisasi yang semakin bertambah kebutuhan fungsi dalam menjalankan proses bisnis di organisasi yang belum memiliki kerangka kerja. Perancangan arsitektur enterprise ini dimulai dari tahap preliminary, Architecture Vision, Architecture Business dan Information System Architecture yang terdiri atas arsitektur aplikasi dan arsitektur data. Penelitian ini dilakukan untuk merancang pembangunan sebuah sistem pengolahan data sebagai penyelaras antara bisnis dengan sistem informasi. Dalam penelitian ini dihasilkan sebuah blueprint arsitektur bisnis, aplikasi dan data serta desain prototype sistem informasi Koperasi Simpan Pinjam Baitul Hikmah sebagai gambaran acuan dalam menjalankan proses dan pelayanan pada koperasi Baitul Hikmah agar menjadi lebih baik dan efektif guna meningkatkan pelayanan.

Kata Kunci: Enterprise Architecture, TOGAF ADM, Blueprint, Koperasi 


Teks Lengkap:

PDF (Indonesia)

Referensi


D. Irmayanti and B. Permana, “Perencanaan Arsitektur Enterprise Sistem Informasi Disnakersostrans Kabupaten Purwakarta Menggunakan TOGAF,” J. Teknol. Rekayasa, vol. 3, no. 1, p. 17, 2018, doi: 10.31544/jtera.v3.i1.2018.17-28.

T. Torres, “Perencanaan Arsitektur Sistem Informasi Koperasi Menggunakan Metodologi Togaf,” vol. 2, no. 11, p. 111, 2017.

V. F. Dr. Vladimir, Sistem informasi manajemen pendidikan, vol. 1, no. 6–7. 2013.

R. Harrison, “TOGAF TM 9 Foundation Study Guide : Preparation for the TOGAF 9 Part 1 Examination,” Business Management. p. 243, 2018.

“TOGAF 9 Certified Study Guide (Van Haren Publishing) (z-lib.” 2013.




DOI: https://doi.org/10.36549/ijis.v7i2.221

Article Metrics

Sari viewed: 312 times
PDF (Indonesia) download = 60 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan: 2022-09-27


Akreditasi Nomor 230/E/KPT/2022

eISSN : 2548-6438     

pISSN : 2614-7173                                                       

              

                   

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kontak Utama. Dr. Muharto., M.Si (LPPM Politeknik Sains & Teknologi Wiratama)

Jl Kampus Poltek, Kel. Jati Metro, Kec. Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara, Kode Pos 97716, Email ijis.wiratama@gmail.com