ANALISIS UI/UX PADA WEBSITE K-APPRAISAL MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING

Lusa Indah Prahartiwi, Andri Ardianti

Sari


KJPP Karmanto dan Rekan merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa penilai publik yang berfokus pada penilaian aset di sektor properti, perbankan, manufaktur dan pemerintahan. KJPP Karmanto dan Rekan menggunakan sistem informasi berbasis web bernama K-Appraisal. Sistem ini memiliki dua fungsi utama: pertama, sebagai profil perusahaan yang berfungsi sebagai alat promosi, dan kedua, sebagai sistem informasi yang mendukung operasional perusahaan di berbagai divisi. Saat ini, KJPP Karmanto dan Rekan menghadapi masalah dalam pengembangan sistem informasi mereka, yaitu desain yang sudah tidak sesuai dengan citra merek perusahaan. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti melakukan analisis UI/UX pada web K-Appraisal menggunakan metode design thinking. Metode ini bertujuan untuk mengoptimalkan proses bisnis yang terdiri dari lima tahapan, yaitu Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Testing. Dalam proses penelitian, dilakukan survei terhadap para pemangku kepentingan dengan cara mengisi kuesioner sebelum dan setelah tahap pengujian. Dari survei ini, kesimpulan diambil mengenai masalah yang ada dan solusi diberikan untuk mengatasinya. Solusi untuk pengembangan ini adalah dengan memperbaiki tata letak dan desain sistem informasi sehingga lebih sesuai dengan citra merek perusahaan. Dengan menggunakan metode System Usability Scale, penelitian ini menghasilkan nilai rata-rata 85, yang termasuk dalam kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa semua masalah telah diatasi secara efektif.

Kata Kunci: UI/UX, Analisa, Design Thinking


Teks Lengkap:

PDF (Indonesia)

Referensi


W. Mokobombang, S. Syafaruddin, A. R. A. Syafaruddin, K. Khaeriyah, and N. Natsir, “Dampak Perubahan Layanan Publik Yang Disebabkan Oleh Teknologi Dan Media Sosial,” J. Business, Financ. Econ., vol. 4, no. 1, pp. 348–359, 2023, [Online]. Available: http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe/article/view/4180%0Ahttps://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jbfe/article/download/4180/2040

N. Purba, M. Yahya, and Nurbaiti, “Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya,” J. Perilaku Dan Strateg. Bisnis, vol. 9, no. 2, pp. 91–98, 2021.

I. H. Santi, Analisa Perancangan Sistem. PT.Nasya Expanding Management, 2020.

G. Nabila, “Penerapan UI/UX Dengan Metode Design Thinking Pada Aplikasi Jaya Indah Perkas,” MDP Student Conf., pp. 231–238, 2022.

R. Noveandini and M. S. Wulandari, “Implementasi Model Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi E-Learning Praktikum Biologi Di SMA,” G-Tech J. Teknol. Terap., vol. 6, no. 1, pp. 53–58, 2022, doi: 10.33379/gtech.v6i1.1252.

A. A. Swardana and A. Candra Ayuswantana, “Perancangan Ui/Ux Website E-Commerce Mercandise Kota Sidoarjo Menggunakan Design Thinking,” SENIMAN J. Publ. Desain Komun. Vis., vol. 2, no. 1, pp. 81–92, 2024, doi: 10.59581/seniman-widyakarya.v1i2.1931.

A. Noor and E. L. Hadisaputro, “Analisis Pengalaman Pengguna Pada Aplikasi TIX ID Menggunakan Metode User Experience Questionnaire,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 672–677, 2022, doi: 10.47065/josh.v3i4.1881.

N. R. Wiwesa, “Jurnal Sosial Humaniora Terapan User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 3, no. 2, 2021.

J. H. P. Sitorus and M. Sakban, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Pada Toko Mandiri 88 Pematangsiantar,” J. Bisantara Inform., vol. 5, no. 2, pp. 1–13, 2021, [Online]. Available: http://bisantara.amikparbinanusantara.ac.id/index.php/bisantara/article/download/54/47

E. Gonen, “Tim Brown, Change by Design: How Design Thinking Transforms Organizations and Inspires Innovation (2009),” Mark. Glob. Dev. Rev., vol. 04, no. 02, 2019, doi: 10.23860/mgdr-2019-04-02-08.

A. Ikhsandi, H. Laili, J. Akbar, and Y. Efendi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website SMKN 1 Tambang,” TeIKa, vol. 12, no. 02, pp. 147–155, 2022, doi: 10.36342/teika.v12i02.2940.

F. Rachim, Design Thinking With Design Process. DPP Harmoni Pendidik Pengajar Indonesia (HIPPER Indonesia), 2021.

D. Yuliana, A. Baijuri, A. A. Suparto, S. Seituni, and S. Syukria, “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Video Pembelajaran Kreatif, Inovatif, Dan Kolaboratif,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 247–257, 2023, doi: 10.37792/jukanti.v6i2.1025.

M. F. Ardiansyah and P. Rosyani, “Perancangan UI/UX Aplikasi Pengolahan Limbah Anorganik Menggunakan Metode Design Thinking,” Log. J. Ilmu Komput. dan Pendidik., vol. 1, no. 4, pp. 839–853, 2023, [Online]. Available: https://journal.mediapublikasi.id/index.php/logic/article/view/2193

J. Putri Nugraha et al., Perilaku Perilaku Konsumen Teori. 2021.




DOI: https://doi.org/10.36549/ijis.v9i2.333

Article Metrics

Sari viewed: 184 times
PDF (Indonesia) download = 57 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.
Diterbitkan: 2024-09-17


Akreditasi Nomor 230/E/KPT/2022

eISSN : 2548-6438     

pISSN : 2614-7173                                                       

              

                   

 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Kontak Utama. Dr. Muharto., M.Si (LPPM Politeknik Sains & Teknologi Wiratama)

Jl Kampus Poltek, Kel. Jati Metro, Kec. Kota Ternate Selatan, Provinsi Maluku Utara, Kode Pos 97716, Email ijis.wiratama@gmail.com